- Apa yang dimaksud dengan mandiri e-cash?
- Apa saja fitur mandiri e-cash?
- Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri e-cash?
- Layanan mandiri e-cash tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman?
- Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri, apakah saya boleh menikmati layanan mandiri e-cash?
- Bagaimana cara mendapatkan layanan mandiri e-cash?
- Apa yang dimaksud dengan pemegang Unregistered dan pemegang Registered?
- Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi mandiri e-cash yang dilakukan?
- Bagaimana caranya menjadi pemegang mandiri e-cash Registered?
- Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri e-cash?
- Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali?
- Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri e-cash?
- Apakah saya bisa mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri?
- Apakah batasan saldo minimum rekening mandiri e-cash?
- Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri e-cash?
- Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak?
- Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima?
- Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant?
- Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant?
- Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima?
- Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat / tidak terkirim ke telepon seluler pemegang?
- Bagaimana jika saya lupa PIN saya?
- Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya?
- Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri?
- Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri e-cash jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri?
- Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening mandiri e-cash saya jika SIM Card /telepon seluler saya hilang/dicuri?
Apa yang dimaksud dengan mandiri e-cash?
Mandiri e-cash adalah uang elektronik berbasis
server yang memanfaatkan teknologi USSD dan aplikasi di telepon seluler
yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan
seperti Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan
saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan tanpa harus melakukan pembukaan rekening ke cabang Bank Mandiri.
Apa saja fitur mandiri e-cash?
Fitur mandiri e-cash yang dapat dinikmati oleh pemegang , sbb:- Informasi saldo dan histori transaksiIsi ulang saldo dari e-channel Bank Mandiri, transfer atm bersama, dan tunai melalui retail store
- Transfer ke nomor telepon seluler lainnya dan ke rekening giro/tabungan Bank Mandiri
- Tarik Tunai di atm Bank Mandiri tanpa menggunakan kartu atm Bayar/beli Tagihan maupun pada merchant-merchant yang bekerjasama
Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri e-cash?
Apa saja kemudahan yang dapat dinikmati dari mandiri e-cash?
Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pemegang, sbb:
Sebagai pengganti uang tunai
- Dapat digunakan di semua jenis telepon seluler
- Kemudahan pendaftaran tanpa harus datang ke cabang Bank Mandiri
- Tidak perlu repot mencari uang pas untuk pembayaran transaksi dengan nominal kecil
- Kemudahan transfer ke nomor telepon seluler tanpa harus menghapal nomor rekening Bank
Layanan mandiri e-cash tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman?
Layanan mandiri e-cash tidak melibatkan bank secara langsung, apakah aman?
Layanan ini sangat aman karena setiap pendaftaran rekening mandiri
e-cash pemegang diharuskan membuat kode rahasia dan PIN. Dan setiap
transaksi hanya bisa dijalankan jika pemegang sudah memasukkan PIN yang
sesuai.
Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri, apakah saya boleh menikmati layanan mandiri e-cash?
Setiap orang yang memiliki telepon seluler dan kartu SIM yang aktif dapat menjadi pemegang mandiri e-cash.Jika saya bukan nasabah Bank Mandiri, apakah saya boleh menikmati layanan mandiri e-cash?
Bagaimana cara mendapatkan layanan mandiri e-cash?
Bagaimana cara mendapatkan layanan mandiri e-cash?
Pengguna telepon seluler dapat mengakses mandiri e-cash menggunakan USSD dengan mengetik *141*6# kemudian pilih call/panggil. Bagi pengguna smartphone, mandiri e-cash dapat diakses dengan men-download aplikasi di Apps Store, Google Play, maupun Blackberry World. Setelah itu, pengguna dapat melakukan pendaftaran mandiri e-cash terlebih dahulu dengan mengisi beberapa data singkat seperti :
- USSD : Nama, Kata Rahasia, dan PIN
- Aplikasi : Nama, No. KTP, Alamat, Tanggal Lahir, Kata Rahasia, dan PIN
Pengguna yang telah melakukan pendaftaran akan terdaftar sebagai pemegang Unregistered. Untuk dapat menjadi pemegang Registered, pengguna harus melakukan upgrade layanan mandiri e-cash terlebih dahulu.
Apa yang dimaksud dengan pemegang Unregistered dan pemegang Registered?
Apa yang dimaksud dengan pemegang Unregistered dan pemegang Registered?
Pemegang Unregistered adalah pemegang mandiri e-cash yang belum melakukan upgrade layanan mandiri e-cash. Sedangkan pemegang Registered adalah pemegang mandiri e-cash yang telah melakukan upgrade layanan mandiri e-cash.
Unregistered
|
Registered
|
|
Saldo maksimal
|
Rp. 1.000.000
|
Rp. 5.000.000
|
Isi Ulang
|
Ya
|
Ya
|
Fitur Bayar Beli
|
Ya
|
Ya
|
Fitur Transfer
|
Tidak
|
Ya
|
Fitur Tarik Tunai
|
Tidak
|
Ya
|
Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi mandiri e-cash yang dilakukan?
Ya, pemegang mandiri e-cash akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan, sbb:Apakah pemegang akan dikenakan biaya untuk transaksi mandiri e-cash yang dilakukan?
Biaya
|
|
Isi Ulang melalui ATM
|
Gratis
|
Isi Ulang melalui Agen
|
Rp. 2.000,-
|
Tarik Tunai melalui ATM
|
Rp. 3.000,-
|
Tarik Tunai Melalui Agen
|
Rp. 3.000,- (Nominal s.d Rp. 200.000)
Rp. 5.000,- (Nominal lebih dari Rp. 200.000)
|
Transfer
|
Gratis
|
Pembelian/Pembayaran Tagihan
|
Variatif sesuai ketentuan Bank
|
Pembayaran di Merchant
|
Gratis
|
Rekening Dormant
|
Rp. 10.000 per bulan
|
Bagaimana caranya menjadi pemegang mandiri e-cash Registered?
Bagaimana caranya menjadi pemegang mandiri e-cash Registered?
Pemegang Unregistered yang telah melakukan pendaftaran mandiri e-cash dapat menjadi pemegang Registered dengan melakukan upgrade layanan. Upgrade layanan dapat dilakukan di e-Channel Bank Mandiri dan melalui cabang. Upgrade Layanan melalui cabang dilakukan dengan mengisi
formulir upgrade layanan dan menyertakan fotokopi kartu identitas yang
masih berlaku.
Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri e-cash?
Provider apa saja yang bisa mengakses layanan mandiri e-cash?
Provider yang menyediakan layanan USSD yaitu Telkomsel,
Indosat, dan XL. Untuk pengguna smartphone, aplikasi dapat digunakan
pada provider yang telah bekerjasama yaitu Telkomsel, Indosat, XL, Esia,
Flexi, dan Smart.
Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali?
Satu nomor telepon seluler hanya bisa didaftarkan sekali saja.Apakah nomor telepon seluler yang sama bisa didaftarkan berulang kali?
Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri e-cash?
Bisa, namun harus dengan nomor telepon seluler yang berbeda.Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu rekening mandiri e-cash?
Apakah saya bisa mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri?
Apakah saya bisa mengakses layanan mandiri e-cash di luar negeri?
Apakah batasan saldo minimum rekening mandiri e-cash?
Tidak ada batasan saldo minimum untuk rekening mandiri e-cash.Apakah batasan saldo minimum rekening mandiri e-cash?
Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri e-cash?
Berapa batasan transaksi dari rekening mandiri e-cash?
Batas transaksi dari rekening mandiri e-cash adalah
maksimal nominal transaksi Rp. 20 juta per bulan. Jika sudah melakukan
transaksi sejumlah Rp. 20 juta, maka nasabah tidak diperbolehkan
melakukan transaksi lagi di bulan yang sama. Nasabah harus menunggu
bulan berikutnya untuk melakukan transaksi.
Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak?
Apabila transaksi telah dilakukan, akan ada SMS notifikasi yang menginformasikan apakah suatu transaksi berhasil/tidak.Bagaimana saya terinformasi apakah transaksi saya berhasil atau tidak?
Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima?
Sesaat setelah proses transfer dilakukan dan SMS konfirmasi telah diterima oleh pengirim dan penerima.Jika saya melakukan transfer uang, berapa lamakah uang akan diterima oleh penerima?
Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant?
Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dormant?
Rekening dormant adalah rekening yang sudah tidak digunakan untuk
bertransaksi selama 6(enam) bulan berturut-turut. Pemegang akan
dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,-/bulan pada bulan ke-7.
Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant?
Bagaimana cara mengaktifkan kembali Rekening Dormant?
Pemegang dapat mengaktifkan kembali rekening dormant dengan cara melakukan transaksi pada mandiri e-cash
baik finansial maupun non-finansial. Pemegang tidak akan dikenakan
biaya rekening dormant lagi jika rekening sudah aktif kembali.
Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima?
Apa yang harus dilakukan pemegang jika sudah mengikuti petunjuk melakukan transaksi ternyata SMS konfirmasi tidak diterima?
Pemegang diminta cek saldo/mutasi rekeningnya. Apabila ternyata saldo
tidak berkurang (transaksi tidak berhasil), silahkan mencoba lagi untuk
bertransaksi. Namun, jika saldo sudah berkurang namun transaksi tidak
berhasil dilakukan, silahkan hubungi mandiri call 14000 maupun melalui cabang.
Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat / tidak terkirim ke telepon seluler pemegang?
Apa saja penyebab SMS konfirmasi transaksi terlambat / tidak terkirim ke telepon seluler pemegang?
Penyebabnya antara lain SMS-Center operator sibuk/antri, telepon
seluler mati, pulsa telepon selular tidak memadai, gangguan jaringan
telepon seluler maupun penyebab lainnya.
Bagaimana jika saya lupa PIN saya?
Jika pemegang lupa PIN, pemegang dapat melakukan reset PIN melalui USSD maupun aplikasi mandiri e-cash dengan memasukkan verifikasi data berupa nama dan kata rahasia.Bagaimana jika saya lupa PIN saya?
Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya?
Bagaimana jika saya lupa kata rahasia saya?
Jika pemegang lupa kata rahasia, pemegang dapat menghubungi mandiri call
14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku untuk
melakukan re-issue PIN dengan verifikasi data. Re-issue PIN hanya dapat
dilakukan bagi pemegang registered.
Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri?
Bagaimana jika SIM Card dan/atau telepon seluler saya hilang atau dicuri?
Pemegang dapat melakukan pemblokiran dan melaporkan kehilangan ke provider telepon dan mandiri call
14000 untuk ditindaklanjuti penyelesaiannya. Apabila pemegang ingin
mengajukan permintaan pembukaan blokir, maka pemegang dapat menghubungi mandiri call
14000 maupun melalui cabang dengan membawa KTP yang berlaku. Pembukaan
blokir hanya dapat dilakukan bagi pemegang registered.
Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri e-cash jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri?
Tidak, uang anda aman di rekening mandiri e-cash, sepanjang tidak ada orang lain yang mengetahui kode rahasia dan PIN anda.Apakah saya akan kehilangan uang di rekening mandiri e-cash jika SIM Card/telepon seluler saya hilang atau dicuri?
Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening mandiri e-cash saya jika SIM Card /telepon seluler saya hilang/dicuri?
Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan kembali saldo pada rekening mandiri e-cash saya jika SIM Card /telepon seluler saya hilang/dicuri?
Anda dapat mengajukan re-cycle kartu ke provider dengan nomor telepon seluler yang sama. Sistem mandiri e-cash akan melakukan validasi pemegang berupa nama, kata rahasia, dan PIN untuk dapat menggunakan kembali mandiri e-cash anda.